Free Download Majalah Animasi Indonesia
  HOME HISTORY MAGAZINE DOWNLOAD
         
PRODUCTION HOUSE
Animasi Masih Tambang Emas Walt Disney

Masih ingat dengan film kartun Mickey Mouse? Tahukan Anda bahwa sosok kartun tikus lucu itu lahir dari ide brilian Walter alias Disney yang semasa kecilnya dulu sering melihat tikus berkeliaran di sekitar ladang milik pamannya.

Tikus-tikus liar dan menjijikkan itulah yang kemudian memacu Walter untuk membuat sketsa tentang sosok tikus yang lucu, menarik, dan tidak menjijikkan.
Akhirnya jadilah gambar sesosok tikus yang bertelinga bulat, bermata besar, bertubuh kurus beserta atribut celana pendeknya. Itulah sosok Mickey Mouse yang menjadi cikal bakal film kartun animasi pertama yang dibuat oleh Walter.
Bersama Mickey Mouse ciptaannya, lahirlah film Steambot Willie yang disusul dengan film-film animasi lainnya, mulai dari Flower and Trees, Snow White and the Seven Dwarts, Pinochio, Fantasia, Dumbo, Bambi, hingga Toy Story. Film-film animasi itu telah mengusung Walt Disney menuju ke masa kejayaan sebagai seorang bintang di Hollywood.

Menyedot Keuntungan

Film animasi saat ini boleh dibilang menjadi salah satu tambang emas di dunia hiburan. Film jenis ini selalu mampu meraih jumlah penonton yang besar sekaligus menyedot keuntungan yang tidak sedikit. Bahkan, kini film animasi tidak lagi diproduksi hanya untuk anak-anak. Sudah ada animasi untuk remaja, bahkan dewasa. Film animasi The Simpson bisa dujadikan sebagai bukti. Meskipun tokoh utamanya juga ada anak-anak, The Simpson bukan untuk tontonan anak-anak.
Film-film animasi yang dibahas di atas kebanyakan buatan Amerika. Meski demikian, bukan berarti gaung film animasi di Asia tidak membahana. Jepang, misalnya, telah mengembangkan film animasi sejak tahun 1913. Dalam perkembangan selanjutnya, Amerika dan Jepang banyak bersaing dalam pembuatan film animasi. Amerika dikenal dengan animasinya yang menggunakan teknologi canggih dan kadang simpel. Sedangkan animasi Jepang mempunyai jalan cerita yang menarik dan gaya yang khas.

  Trend
  History
  Production House
  Focus
  TV Program
  Rating
  Book
  Tekno
  Serial
  Mini News
  Education
  Classic
  Movie